Majaz Mursal (مجز مرسل)

Buku-Pengantar-Ilmu-Balaghah.Dr_.-mamat-Zaenuddin-M.A. inidunia.com – Kali ini penulis menyempatkan menulis tentang ilmu balghah (sastra Arab) yaitu tentang majaz mursal. Majaz Mursal adalah kata yang digunakan bukan untuk makna asli karena adanya hubungan yang selain keserupaan serta adanya karinah yang menghalangi pemahaman dengan makna yang asli. Hubungan makna asli dan makna majazi dalam majaz mursal adalah: assababiyah, al musabbabiyah, al juziyyah, al kulliyah, i’tibaru ma kana, i’tibaru ma yakunu, al mahaliyyah dan al haliyah.

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah assababiyah

له أياد عليّ سابغة # أعد منها ولاأعدها “ia mempunyai tangan-tangan yang berlimpah padaku, dan diriku ini merupakan bagian darinya.” Kata yang digaris bawahi tidaklah menunjukan arti tangan yang sesungguhnya, melainkan kenimatan yang banyak. Ketahuilah, bahwa tangan adalah alat untuk menyampaikan beberapa kenikmatan, jadi tangan itu merupakan sebab bagi kenikmatan tersebut.

  1. Contoh majaz mursal musabbabiyah

وينزل لكم من السماء رزقا…. (المؤمن :13) “dan menurunkan untukmu rizki dari langit” Rizki itu tidak diturunkan dari langit, melainkan yang diturunkan dari langit adalah air hujan, dengannya dapat tumbuh tanaman, tumbuhan, menjadi hidup dan menjadi sumber rizki bagi kita. Maka rizki adalah musabbab atau akibat turunnya hujan.

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah al juziyyah

ألقى الخطيب كلمة كان لها كبير الاثر “khatib menyampaikan satu kata yang besar pengaruhnya” Khatib berbicara bukan hanya satu kata, melainkan beberapa kata bahkan kalimat. Yang diucapkan khatib adalah satu kata tetapi yang dimaksud disini adalah banyak kata/beberapa kata.

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah al kulliyah

شربت ماء النيل “Aku minum air sungai nil” Yang dimaksud adalah meminum sebagian atau hanya sedikit dari sungai nil, tidak semuanya air sungai nil diminum.

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah i’tibaru ma kana

وأتوا اليتمى أموالهم .. (النسء: 2) “Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta mereka” Kita ketahui bahwa anak yatim adalah anak-anak yang ayahnya sudah meninggal hingga ia umur baligh,sedangkan yang dimaksud ayat disini adalah bukan anak yatim yang demikian melainkan anak yatim yang telah baligh.

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah i’tibaru ma yakunu

سأوقد نارا “Aku akan menyalakan api” Yang dimaksud dengan api adalah bahan bakar yang akan menjadi api

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah al mahaliyyah

واسأل القرية التى كنا فيها “Tanyakan kepada desa yang tadi kita datangi” Yang di maksud dengan desa adalah penduduknya.

  1. Contoh majaz mursal hubungannya adalah al haliyah

إن الابرار لفى نعيم. (المطففين) “Sesungghnya orang-orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan surga” Yang dimaksud dengan kenikmatan adalah tempatnya kenikmatan yaitu surga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s